Pelopor Teknologi Touchscreen

Perkembangan Teknologi berkembang sangat cepat. Hampir semua hal yang dulu mustahil atau hanya sekadar mimpi kini semua menjadi kenyataan. Salah satunya teknologi touch screen. Sedikit penjelasan tentang teknologi ini adalah, Touchscreen atau touch panels, atau touch monitor merupakan sebuah perangkat komputer yang biasanya digunakan untuk menampilkan informasi grafikal dan visual yang merupakan output dari sebuah perangkat komputer. Namun, yang membedakannya dengan monitor atau layar televisi biasa adalah apa yang ditampilkan di dalamnya dapat secara langsung berinteraksi fisik dengan penggunanya. Maksudnya, Anda dapat langsung menyentuh layar penampil tersebut dengan tangan atau alat bantu untuk mengakses apa yang ditampilkan di dalamnya.

Disini kita tidak akan membahas jauh tentang cara kerja atau prinsip kerja melainkan siapasih dibalik semua ini, he..he.. kesannya kan judulnya juga pelopor teknologi touchsreen saya hanya coba sedikit berbagi info yang saya dapat dari beberapa artikel lain yang tentunya dari Internet juga, tentang siapa orang yang mempelopori sehingga bisa ditemukannya teknologi touchscreen.

Robert Adler,lahir di Wina pada tanggal 4 Desember 1913 dari sebuah keluarga kelas menengah yang mapan dari Austria. Ibunya adalah seorang dokter dan ayahnya ahli sosiologi. dia seorang yang mendapat gelar PhD dalam bidang fisika dari Universitas Wina tahun 1937, Robert Adler sebenarnya lebih terkenal sebagai orang yang berjasa menciptakan alat remote control untuk televisi, alat yang bukan saja membuat praktis dalam menonton televisi, tapi juga mempengaruhi peradaban umat manusia.

Selain itu Adler sendiri adalah sosok yang mempelopori penggunaan teknologi tabung hampa udara bercahaya yang meningkatkan kualitas transmisi audio televisi. Ia juga menjadi pelopor dalam pengembangan teknologi gelombang akustik permulaan yang menjadi dasar bagi pengembangan teknologi layar sentuh (touch screen).

Adler meninggal dunia di Idaho, AS, pada 15 Februari 2007 atau dua pekan setelah permohonan patennya yang terakhir mengenai teknologi touch screen (layar sentuh) disetujui Kantor Paten dan Merek Dagang AS 1 Februari 2007.

(Info ini saya rangkum dari blogsitenya smk5 tetang Robert Adler (1913-2007): Penemu “Remote Control” Televisi lengkapnya liat disini.)

Balik lagi ke awal pengembangan kalau tadi pelopornya nah sekarang pengembang teknologinya, teknologi ini awal mula dikembangkan pada tahun 1971, dengen istilah "Touch Sensor" dikembangkan oleh Dokter Sam Hurst (pendiri Elographics) dia adalah seorang instruktur di University of Kentucky. Sensor yang menjadi proyeknya ini, disebut "Elograph," yang lalu dipatenkan oleh University of Kentucky Research Foundation. The "Elograph" tidak transparan seperti layar sentuh modern saat ini, namun The "Elograph (Touch Sensor)" itu adalah awal kemajuan teknologi touchscreen (layar sentuh).

Lalu pada tahun 1974, ditemukanlah atau awal kehadirannya layar sentuh pertama yang benar-benar digabung dengan permukaan transparan, yang juga dikembangkan oleh Sam Hurst dan Elographicsnya. Hingga pada tahun 1977, Elographics mengembangkan dan mematenkankan lima-kawat teknologi resistif, atau teknologi layar sentuh yang paling populer digunakan saat ini yang kemudian menjadi akrab dalam kehidupan sehari-hari (Info http://en.wikipedia.org/wiki/Touch-screen).


Ada yang bilang orang pintar tau sejarah... he..he.. Maaf kalau ada kesalahan atau kekeliruan dalam merangkuman artikel ini dan arikel ini dibuat semata-mata karena keingintauan pribadi saja selebihnya jika bermanfaat ya syukur yang ada. apalagi merasa diri sebagai pengguna teknologi ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Jika anda tidak keberatan sudi kiranya meninggalkan sedikit komentarnya. Terimakasih

Posting Terbaru