Hal Yang Harus Dihindari Oleh Kamera MD9000

Jika sobat, baru memiliki kamera berbody profesional seperti MD9000, karena tuntutan usaha. Dibanding nenteng Handycame dengan teknologi tinggi tapi lebih Pe'De bawa MD9000 meski terkadang kualitas gambar dibawah handycame. Ya dengan alasan cuma satu Body yang enak dilihat dan terkesan kameraman profesional.

Ha..ha, jadi inget pengalaman dulu.. MD dipanggul tapi yang record handycame. Ngertikan apa maksudnya?

Disini saya gak bakal panjang berbicara pengalaman. Tapi justru dari pengalaman itu timbul beberapa tips atau saran yang bisa sobat tuai disini seperti hal apa saja yang harus dihindari jika kita masih dengan terpaksa harus berurusan dengan kamera yang satu ini. (ceuk sunda namah dipoyok nya dilebok...ha..ha..) diomelin, disesalkan tapi tetap dipake..

1. Hindari Cuaca dingin atau Ruangan dingin ber-AC
2. Hindari Benturan
3. Hindari Pemakaian fasilitas REW/FF pada kamera
4. Jangan terlalu pake fasilitas manual kecuali dalam ruangan.
5. Hindari Pemakaian kaset bekas, kecuali kaset tersebut baru terpakai 1 atau 2 kali. dengan penyimpanan kaset yang baik, jauh dari debu.
6. Kalo bisa dan sangat disarankan capture gambar pake alat lain seperti handycame.
7. Selalu membawa cadangan kamera.

Saya blm bisa bahas satu persatu point diatas mungkin lain waktu. Tapi yang jelas jika anda berpendoman pada hal di atas saya rasa jamin deh anda akan tenang menggunakannya.

MD9000 udah terkenal dengan kekurangan dan kelabilannya jadi coba anda beranikan sekali waktu untuk bongkar sendiri kamera MD9000. Terkadang, ada beberapa kerusakan yang memang hanya memerlukan penanganan kecil, seperti kabel-kabel yang longgar atau ada kabel jemper yang kurang pas, contoh "lensa ngeblur ta fokus" itu sering terjadi pada bagian kabel fleksibel dari board kamera ke bagian lensa sering longkar jika kena benturan.

Oh Ya, hati-hati dengan kabel flexibel gampang putus/robek, biasakan memakai alat pinset jika anda ragu.. ea jangan. Soalnya kalo putus susah carinya kecuali ke tempat bengkel banyak yang cabutan kanibalisme.

Kalo setiap kerusakan dibawa ke bengkel, bisa-bisa tekor terus tuh... he..he.. kecuali kerusakan berat memerlukan penggantian board, mekanik dan komponen lainnya. belum lagi akal-akalan bengkel tapi tak semua juga bengkel seperti itu.

Jika anda service ke service center biasanya maen ganti aja, rusak dikit ganti dengan yang baru. Emang bagus, tapi jika dana terbatas mau kata apa. Cari bengkel yang bisa mengakali kerusakan, seperti kanibal akan lebih hemat lhoooo.... terus, pas benerinnya tongkrongin tuh teknisinya ampe kelar.. ha..ha..

Ok. Cukup sekian Ya, mohon maaf jika salah tulis. ini hanya berdasarkan pengalaman saja tak lebih dari itu, dengan tujuan sharing aja dari seorang videografer kampung.

2 komentar:

Kasihan bgt ni orang, hari gini msh nipu pake cara jaman bahulak, begundal kampungan

Kasihan bgt ni orang, hari gini msh nipu pake cara jaman bahulak, begundal kampungan

Posting Komentar

Jika anda tidak keberatan sudi kiranya meninggalkan sedikit komentarnya. Terimakasih

Posting Terbaru