Apakah itu “Digital Video Winder”

Kali ini kita coba sedikit bahas tentang satu alat yang namanya digital video winder versi pengalaman dan pengetahuan saya sendiri, Kalo sepintas kita kenal dari namanya mungkin akan sedikit berfikir jika alat ini adalah alat digital yang berbau teknologi video.

Yupz, bisa aja terjadi dan emang bener alat ini ada hubungannya dengan digital video tapi jangan ngarep atau terlalu jauh berfikir kalo alat ini bisa terprogram secara digital. Justru malah sebaliknya alat ini dioperasikan secara manual. “Winder” disitu ada kata winder yang berarti penggulung atau pemutar, alat ini sederhana namun fungsi dan kegunaannya yang cukup besar dan sangat membantu. Jadi inti nya “Digital Video Winder” ini adalah alat pemutar/penggulung pita video digital seperti minidv untuk membantu supaya kerja kamera jadi lebih ringan, supaya mekanik dan head kita aman tanpa terkena gesekan saat me rewind (REW) atau me fas forward (FF) pita kaset.

Jika kita seorang hoby video lantas master yang kita gunakan juga masih menggunakan jasa master seperti minidv kayaknya satu hal wajib deh, punya alat ini. Kecuali jika penggunaan kamera hanya untuk sekali duakali sehingga tidak terlalu membuat kamera kita kerja full, mulai dari merekam, rew, ff hingga play.



Sedikit spesifikasi, Alat ini menggunakan motor DC penggerak (Belt Drive,) daya batteries 4 x AAA 1.5V tentunya jadi bisa dibawa-bawa alias portable, tapi jika ada listrik kenapa juga beli battre pake aja adaptor bawaannya (Optional 110VAC) tinggal colok jalan deh. Alat pemutar yang kita bahas ini hanya diperuntukan untuk master type 6mm minidv, jadi kalo pengen memutar atau menggulung master lainnya selain minidv ya gak masuk deh.

Merk merk yang lumayan terkenal diantaranya DV-90 Model V-90 dan Lenmar MDV66.

Oh ea generasi sebelumnya pun sudah ada alat pemutar lainnya seperti Betacam, VHS, Hi8 rewinder, tentunya dengan bentuk yang lebih besar sesuai dengan bentuk master yang ada, tapi sekarang ini kayaknya udah jarang yang pake. Soalnya kan sudah lumayan jarang yang pake kamera dengan master2 ini.


( Betacam Winder )
( VHS Winder )


Nah, jika ada yang tanya apakah alat ini dapat merusak pita kaset master yang ada, jawabannya tidak merusak. Karena menurut pengalaman saya sendiri selama menggunakan alat ini belum pernah kaset khususnya pita jadi rusak melar atau melirit, justru malahan sangat membantu sekali, selain mempermudah proses rew dan ff juga dapat membantu kerja mekanik kamera, kerja mekanik kamera jadi lebih ringan hanya play & record, tentunya mekanik jadi lebih awet, apalagi head kamera, dengan melakukan/memutar/menggulung sudah tentu akan menggesek head sehingga cepat menipis karena gesekan saat melakukan rew or ff nah dengan alat ini terbebas lah dari gesekan pita yang super cepat itu disbanding ketika play atau record.

Selain fungsi dan kegunaan yang tadi ada lagi kegunaan lain dari alat ini tapi ini versi saya sendiri menurut saya alat ini bisa membantu kita untuk membersihkan pita digital video kita dari partikel debu atau kaset yang lembab Karena terlalu lama disimpan. Sehingga pada saat kita ingin mem-play memutar ulang atau mengcapture dari camera jadi gak terkena warning head clean.

Ok, saya cukupkan segitu deh berbagi pengalaman untuk kali ini, mohon maaf jika ada kurang atau malahan ini info yang sedikit basi. Bukan untuk promosi alat ini tapi lebih ke fungsi dan kegunaan alat ini. Mudah2an bermanfaat, jika anda ingin memberikan masukan isi atau bertanya kenapa tidak isi kolom komentarnya.

4 komentar:

info yang anda berikan sangat membantu. Trims.

Sama2, terimakasih atas kunjungannya... salam.

bro alat ini bisa mentransfer file ke leptop gak kalo bisa gmn carany.???

Posting Komentar

Jika anda tidak keberatan sudi kiranya meninggalkan sedikit komentarnya. Terimakasih

Posting Terbaru